19 Dec

Skala Survei Indonesia: Elektabilitas Ahok Masih Tertinggi

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok masih memiliki elektabilitas paling tinggi dibanding dua pesaingnya. Hal itu berdasarkan hasil jajak pendapat Lembaga Skala Survei Indonesia mengenai elektabilitas para calon Gubernur DKI Jakarta.

“Kalau disodorkan tiga nama calon gubernur tanpa pasangannya, Pak Ahok mendapat 33,6 persen suara,” kata Direktur Eksekutif Skala Survei Indonesia Abdul Hakim di Jakarta Pusat, Ahad, 23 Oktober 2016.

Skala Survei Indonesia melakukan survei ini pada 6-11 Oktober 2016 dengan jumlah responden sebanyak 800 dan menggunakan multistage random sampling. Hasil survei lembaga itu memiliki tingkat kepercayaan sebesar 95 persen dengan margin of error 3,46 persen.

Dari tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta saat ini, pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat memiliki elektabilitas tertinggi, yaitu 33,8 persen. Disusul pasangan Agus Harimurti dan Sylviana Murni dengan 19,6 persen dan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno 18,8 persen.

Bahkan survei SSI sudah mensimulasikan seandainya pemilihan kepala daerah DKI nanti berjalan dua putaran. Jika pasangan Ahok-Djarot lolos ke putaran kedua, dari hasil survei ini, mereka akan tetap unggul siapa pun lawannya nanti.

Pasangan Ahok-Djarot akan tetap unggul sebesar 33,3 persen jika lawannya di putaran kedua adalah Anies-Sandiaga, yang akan memperoleh angka 21,6 persen. Kemudian Ahok-Djarot akan mendapatkan angka 33,6 persen dan pasangan Agus-Sylvi sebesar 24 persen jika dua pasangan itu yang melaju ke putaran kedua.

Jika yang maju ke putaran kedua adalah pasangan Anies-Sandiaga dan Agus-Sylvi, pasangan Anies-Sandiaga yang akan menjadi pemenang. Pasangan Anies-Sandi akan mendapatkan angka 24,8 persen, sementara pasangan Agus-Sylvi sebesar 21,1 persen.

 

https://pilkada.tempo.co/read/814494/skala-survei-indonesia-elektabilitas-ahok-masih-tertinggi

Leave a Reply